Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Pantai Lovina

5 min read

Pantai Lovina

Pantai Lovina merupakan wisata pantai terkenal yang ada di Bali bagian utara. Tepatnya berada di Desa Kalibukbuk, sekitar 10 km menuju barat Kota Singaraja.

Lain dari pantai Bali yang mempunyai ombak besar. pantai satu ini memiliki ombak yang tenang, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat berlibur bersama keluarga tercinta.

Sejarah

sejarah pantai lovina

Apabila membahs seputar sejarah dari Pantai Lovina, maka pantai yang satu ini amat identik dengan sesosok pria Bali bernama Anak Agung Panji Tisna.

Berdasarkan catatan sejarah, pada sekitar tahun 1950. Anak Agung Panji Tisna sempat berkeliling dunia khusunya mengunjungi berbagai negara yang ada di Asia dan juga Eropa.

Namun dari sekian banyak tempat yang ia kunjungi, terdapat tempat yang membuatnya tertarik yakni menyaksikan kehidupan penduduk yang ada di Bombay, India.

Sang Anak menjumpai jika cara hidup dengan semua keadaan serta situasi penduduk bombay India pada waktu itu menjumpai terdapat sebuah tempat berupa pantai yang dikelola serta ditata dengan baik.

Berminggu – minggu ia tinggal disana, ia banyak melihat orang – orang yang berlibur di Bombay India tersebut.

Kemudian dari situlah, ia kemudian mendapatkan ide yang mempengaruhi pola pikirnya dalam membangun serta mensejahterakan penduduk yang ada di Kabupaten Buleleng.

Karena menurutnya pantai di India tersebut memiliki persamaan dengan tanah miliknya yang ada di Pantai Tukad Cebol Buleleng yang berlokasi di antara dua aliran sungai.

Sepulangnya dari negara India, kemudian sang Anak merealisasikan idenya dalam membangun sebuah tempat peristirahatan yang sama seperti yang ada di Bombay.

Semenjak tempat peristirahatan n itu dibangun yang berada di pantai lovina buleleng inilah, kemudian semakin banyak wisatawan khususnya turis asing yang berkunjung ke sana.

Dari situlah, lama kelamaan Pantai Lovina kemudian berkembang menjadi suatu tempat wisata di area Bali Utara yang selalu ramai dikunjungi.

Objek Wisata

1. Atraksi lumba – lumba

pantai lovina bali

Pantai Lovina memang terkenal sebagai lokasi untuk melihat atraksi dari lumba – lumba liar yang ada di laut lepas dari dekat.

Hal itu dikarenakan Pantai Lovina merupakan habitat asli dari satwa pintar lumba – lumba satu ini yang ada di Pulau Bali.

Bahkan di pantai ini sendiri tercatat ada ratusan lumba – lumba yang hidup di dalamnya.

Untuk menjumpai kehadiran dari lumba – lumba yang lompat ke atas air laut, maka kalian harus datang sebelum matahari terbit di tengah laut.

Kalin dapat menggunakan perahu nelayan yang disewakan oleh warga setempat ke tengah laut.

Jarak dari arah bibir pantai lovina Buleleng Bali menuju titik lokasi atraksi lumba – lumba berjarak 1 km.

Di sepanjang perjalanan, kalian akan dimanjakan dengan pemandangan Pantai Lovina yang indah serta beberapa pulau yang mengelilinginya.

Untuk harga sewa perahunya sendiri dibandrol dengan harga Rp150.000 per orang, dengan memperoleh beberapa fasilitas di bawah ini:

  • Guide atau Pengemudi Perahu
  • Jaket pelampung
  • Sewa perahu memiliki durasi waktu selama 2 jam.
  • Daya tampung satu perahu muat untuk 5 orang.
  • Sarapan pagi (diberikan sepeas melihat atraksi lumba – lumba)

Catatan :

  1. Tidak usah khawatir ataupun takut, karena ombak dari pantai ini sangat tenang.
  2. Harga untuk menonton atraksi dari Lumba – Lumba Laut Pantai Lovina di atas tidak termasuk dengan biaya transportasi menuju objek wisata Lovina Buleleng Bali.
  3. Apabila kalian tidak ingin menggunakan fasilitas sarapan pagi, maka harga sewa perahunya akan lebih murah yakni: Rp110.000/ orang.

2. Pantai pasir hitam

pantai lovina indonesia

Lain dengan pantai lain di Bali yang berpasir putih, pantai satu ini memiliki pantai dengan pasir yang berwarna hitam.

3. Konservasi terumbu karang

harga sewa perahu di pantai lovina

Untuk kalian yang hobi dengan aktivitas snorkeling maupun diving, maka kalian dapat melakukannya disni.

Sebab, Pantai Lovina ini ternyata merupakan kawasan pantai Bali yang ditujukan sebagai tempat untuk konservasi terumbu karang.

Maka dari itu, pemandangan bawah laut pantai ini sangatlah eksotis, terlebih lagi ada lumba – lumba yang turut menghiasi alam bawah lautnya.

Untuk kalian yang ingin snorkeling ataupun diving, kalian tidak peru untuk membawa peralatan tersebut dari rumah, sebab disana telah tersedia tempat penyewaan alat untuk menyelam.

4. Sunrise & Sunset

pantai lovina bali lumba lumba

Berhubung kalian juga harus datang di pagi buta agar bisa menyaksikan atraksi lumba-lumbanya, maka kalian juga dapat memanfaatkan waktu sekalian untuk menikmati sunrise di pantai ini.

Tak jauh berbeda dengan waktu kemunculan para lumba – lumba, sunrise juga mulai muncul pada pukul 05.30 – 06.00 WITA.

Sehingga, sebelum kalian berlayar menuju tengah laut, kalian dapat bersantai dahulu di tepi Pantai Lovina untuk menunggu sunrise disana.

Bahkan apabila kalian beruntung, bukan kalian juga akan menjumpai kemunculan lumba – lumba selagi matahari sedang berjalan naik ke arah timur.

Selain sunrise yang eksotis, di pantai ini kalian juga bisa menikmati sunset yang romantis.

5. Mancing di tengah laut

pantai lovina bali lumba-lumba

Selain diving dan juga snorkeling, kalian juga dapat menjajal sensasi memancing di Pantai Lovina.

Untuk melakukan kegiatan yang seru ini, kalian diharuskan untuk berlayar terlebih dulu menuju tengah laut dengan menyewa perahu yang sudah disediakan disana.

Jika kalian berangkat sendiri, maka kalian dapat bergabung dengan rombongan lain yang ada di dalam perahu. Idealnya, per orang akan dikenakan tarif sewa sekitar Rp60.000 hingga Rp100.000.

Namun apabila kalian berangkat bersama rombongan, kalian juga dapat menyewa satu perahu besar.

Biasanya untuk harga sewa perahu rombongan akan jauh lebih murah apabila dibanding dengan membayar tarif per orang.

Setiap perahu hanya dapat memuat 4 hingga 5 orang saja.

6. Candi Brahmavihara Arama

Candi Brahmavihara Arama

Candi ini berada di Banjar, Buleleng yang dapat kalian tempuh sekitar 11 km berkendara dari arah Pantai Lovina.

Candi ini adalah tempat peribadatan umat Buddha terbesar yang adi di Bali yang juga dikenal sebagai Wihara Buddha Banjar.

Candi ini terbagi ke dalam lima kawasan, antara lain: Uposathagara, Stupa, Dhammasala, Pohon Bodhi, serta Kuti.

Uposathagara adalah suatu ruangan yang tenang serta nyaman yang di dalamnya terdapat pahatan panel kelahiran dari Sang Buddha pada dindingnya.

Dhammasala adalah tempat bagi para biksu melakukan kebaktian serta beragam kegiatan spiritual lainnya.

Kalin juga dapat mampir ke area Stupa yang berupa bangunan berbentuk lonceng raksasa terbuat dari bahan beton.

Di Pohon Bodhi, kalian juga dapat melakukan meditasi yang pada umumnya akan diselenggarakan di Hari Raya Waisak.

Sedangkan Kuti terdiri atas beberapa ruangan yang dimanfaatkan sebagai tempat tinggal para biksu ataupun yang tengah menuntut ilmu.

7. Air Panas Banjar

Air Panas Banjar

Terdapat tiga macam kolam air panas yang tersedia di pemandian Air Panas Banjar.

Pada kawasan atas, ada sebuah kolam air panas dengan ukuran 12 x 1,5 meter yang memiliki kedalaman 1 meter serta telah dilengkapi dengan delapan pancuran air panas.

Sedangkan kolam air panas yang kedua terletak di kawasan bawah. Yang memiliki ukuran 12 x 10 meter yang menjadikannya sebagai kolam terbesar di Air Panas Banjar.

Dan kolam yang ketiga terletak di sebelah barat dari kolam kedua. Memiliki kiedalam hanya sebatas pinggang orang dewasa.

Di dalam Air Panas Banjar ini juga telah disediakan pancuran air panas yang pada umumnya dipakai pengunjung untuk “memijat” punggung.

8. Adjani Bali

Adjani Bali

Menghabiskan waktu di tempat beranama Adjani Bali akan memberikan pengalaman unik yang tidak akan kalian dapatkan di tempat lain.

Berada di Jalan Yudistira No 2, kalian dapat belajar memasak beragam hidangan khas Bali serta makanan Indonesia lainnya.

Menu yang diajarkan pun bervariasi, mulai dari hidangan tumis sampai kue. Kalian akan diajarkan bagaiamana caranya untuk menyeimbangkan rasa, memilih bahan yang bagus untuk masakan tertentu, dan yang lainnya.

Bahkan, di tempat ini juga menawarkan kelas memasak yang terbagi menjadi “vegetarian” serta “non-vegetarian”.

Disini juga terdapat program kelas masak khusus untuk masakan khas Bali.

Uniknya lagi, Adjani Bali memiliki kebun rempah yang dapat kalian datangi selagi pemandu tengah menjelaskan beragam tanaman rempah yang ada disana.

Selain berlajar memasak, kalian disini juga dapat melatih jiwa sosial kalian. Sebab, banyak peserta dari lokal hingga mancanegara yang ikut belajar memasak di tempat ini.

Penginapan

Nama HotelAlamatHarga mulai dari:
Indra Pura HotelJalan Laviana Banyualit, Anturan, Kec. Buleleng, Bali, 81152.Rp136.364/ malam.
Parma Hoteljl. raya seririt-singaraja, bunut panggang, kaliasem, banjar, Kaliasem, Kec. Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali 81152.Rp152.000/ malam.
Cempaka Lovina HotelJl.Raya Lovina – Singaraja.Rp165.000/ malam
Nirwana Water GardenJl. Binaria, Anturan, Kec. Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali 81152.Rp227.000/ malam.

Fasilitas

  • Sewa perahu
  • Penginapan
  • Area parkir
  • Spot foto
  • Wisata kuliner
  • Pemandian air panas

Lokasi

Pantai Lovina berada di alamat: Desa Kalibukbuk, kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali.

Rute

  • Pantai Lovina berjarak sekitar 10 Km dari arah Kota singaraja (ibu kota Kabupaten Buleleng), atau dapat ditempuh dengan waktu perajalanan sekitar 20 menit.
  • Dari arah Kuta berjarak 89 KM (2 jam 53 menit)
  • Dari arah kota Denpasar sekitar 81 KM (2 jam 31 menit).

Rute dari arah kota Singaraja (10 km – 20 menit)

Jl. Ahmad Yani – Jl. Singaraja – Seririt.

Rute dari arah bandara Ngurah Rai (92 km – 2,5 jam)

Jl. By Pass Ngurah rai – Jl. Sunset Road – Jl. Iman Bonjol – Jalan Cokroaminoto – Jl. Raya Denpasar – Gilimanuk – Jl Denpasar – Bedugul – Jl. Asah Gobleg – Jl. Singaraja – Seririt.

Jam Operasional

Pantai Lovina buka setiap harinya (Senin – Minggu) selama 24 jam.

Harga Tiket Masuk

KeteranganHarga
Tiket MasukGratis
Parkir Roda 2Rp2.000
Parkir Roda 4Rp5.000

Happy Holiday!

Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

House of Sampoerna

Dwi Okta
4 min read

Surabaya North Quay

Dwi Okta
5 min read

Hutan Bambu Surabaya

Dwi Okta
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *