MILENIAL GLOW GARDEN: Atraksi & Tiket Masuk 2023

Harga Tiket MasukRp60.000 - Rp150.000
Jam Buka11.30 - 20.30 WIB
Nomor HP0812-7667-7623
LokasiJl. Ir. Soekarno No. 144 Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur

Kota Batu adalah kota yang identik dengan kebun apel dan destinasi wisata Jatim Park. Sejak beberapa waktu yang lalu, Jatim Park Group sudah menambahkan wahana terbaru yang konsepnya serupa dengan Teamlab di Jepang dan disebut dengan Milenial Glow Garden.

Ini adalah sebuah taman lampu interaktif yang di dalamnya memadukan antara seni dan teknologi. Meskipun berupa taman lampu, destinasi wisata cahaya satu ini ramah untuk semua kalangan loh, jadi cocok kalau dijadikan sebagai destinasi liburan keluarga yang akan datang.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Milenial Glow Garden

Taman lampu atraktif ini masih berada di satu kawasan dengan Dino Park yang tergabung dengan destinasi lainnya di Jatim Park 3. Jadi tidak heran kalau tiket masuknya ada yang dijadikan satu dengan destinasi lainnya itu. Informasi lebih lengkapnya sebagai berikut.

Objek WisataHarga WeekendHarga Weekday
Milenial Glow GardenRp 80.000Rp 60.000
Milenial Glow Garden + The Legend StarsRp 150.000Rp 120.000
Milenial Glow Garden + Dino ParkRp 140.000Rp 110.000

Harga tiket di atas bisa berubah sewaktu-waktu ya, jadi sebaiknya Anda mencari informasi soal harga terkini sebelum datang ke sana. Informasinya bisa Anda dapatkan melalui situs resmi Jatim Park atau bisa juga melalui akun resmi Instagram mereka.

Jam Buka

Jam Buka Milenial Glow Garden

Milenial Glow Garden dibuka setiap hari mulai dari pukul 11.30 siang hingga pukul 20.30 malam. Anda bisa datang ke tempat wisata ini kapan saja baik di hari libur maupun tidak. Tetapi kalau ingin menyaksikan pertunjukan outdoornya, sebaiknya Anda datang saat malam hari saja.

Atraksi di Milenial Glow Garden

Atraksi di Milenial Glow Garden

Sebelumnya, wisata yang sengaja didesain untuk ajang berfoto ini dibagi menjadi dua area. Dua area yang dimaksud ialah indoor dan outdoor. Luas kedua area tersebut berbeda, di mana area indoor luasnya sekitar 0,5 hektar dan area outdoor luasnya sekitar 1,5 hektar.

Jadi kalau ditotal, destinasi wisata yang instagramable di Kota Batu ini luasnya sekitar 2 hektar. Kalau area indoornya dimanfaatkan sebagai ruang pameran sementara area outdoor menjadi taman lampu serta taman bermain. Sedangkan berbagai atraksi yang ada di sini diantaranya adalah:

1. Whale Area

Sesuai dengan namanya, atraksi yang satu ini akan membuat Anda seolah-olah berada di dalam dasar laut dalam. Sebagaimana yang biasa ada di laut dalam, Anda akan melihat citra terumbu karang yang motifnya unik menghiasi ruangan.

Ada gambaran ikan paus berukuran raksasa juga yang berenang dengan bebas di area ini. Menariknya, wahana ini dilengkapi dengan sensor sentuh. Jadi ketika Anda meraba dinding proyeksi, akan muncul cahaya yang menakjubkan.

2. Lumina Magica

Bisa dikatakan bahwa Lumina Magica ini yang menjadi ikon serta daya tarik utama di lokasi wisata yang masih merupakan bagian dari Jatim Park 3 ini. Lumina Magica ini adalah panggung cahaya yang memberikan pertunjukan menakjubkan.

Lumina Magica berada di area outdoor dan di sini Anda bisa menikmati fire dance, live dance bahkan memiliki kesempatan untuk meraih hadiah atau doorprize. Untuk bisa menikmati Lumina Magica Show, Anda harus menunggu sampai malam hari.

Bisa dikatakan bahwa pertunjukan ini adalah hal yang harus Anda lihat saat berpetualang di Milenial Glow Garden. Tata lightingnya sanga apik yang membuat banyak sekali lampu bersinar sekaligus menciptakan beragam bentuk yang unik.

3. Animal Forest

Sesuai dengan namanya, kalau berada di arena ini Anda akan melihat berbagai jenis hewan yang beberapa diantaranya bahkan mungkin belum pernah ditemui sebelumnya. Hewan-hewan ini akan terlihat berjalan beriringan kemudian menghilang menjadi bunga-bunga yang sangat cantik.

Sama seperti di Whale Area, di Animal Forest ini Anda juga bisa menyentuh hewan tersebut. Kalau disentuh, hewan-hewan yang tadinya bergerak akan berhenti. Di area ini juga ada air terjunnya loh, dan air terjun inilah yang menjadi tempat tujuan hewan-hewan sebelum kemudian menghilang.

Tetapi tenang saja, air terjun ini hanya animasi kok, hanya pemandangan. Jadi sekalipun Anda mendekatinya tidak perlu khawatir basah.

4. Flower Forest

Bagi para pecinta bunga, wajib mendatangi area Flower Forest. Ini adalah area yang sarat akan suasana santai dan proyeksi bunga akan berubah warna setiap beberapa menit. Untuk penggemar selfie, sudah ada lampu sorot yang dilengkapi dengan sensor.

5. Four Season

Sekarang merasakan sensasi empat musim yang berbeda sudah tidak perlu jauh-jauh melakukan perjalanan ke luar negeri lagi, sebab di sini juga bisa, tepatnya di area For Seasons. Keempat musim tersebut digambarkan di empat tempat yang berbeda.

Keempat musim tersebut adalah musim semi di Jepang, musim gugur di China, musim panas pada masa pra sejarah di mana dinosaurus masih banyak serta musim dingin yang sekaligus menyajikan keindahan aurora.

Tidak ada salahnya Anda mengenakan kacamata 3D saat berada di area ini agar bisa merasakan sensasi nyata masing-masing musim. Masing-masing ruangan ini dihubungan oleh terowongan yang pastinya disentuh dan dihias semenarik mungkin termasuk di bagian langit-langitnya.

6. Ball Room

Masih ada lagi atraksi menakjubkan lainnya, yaitu di Ball Room area. Di sini Anda akan melihat bola yang ukurannya besar dan berwarna-warni. Kalau beruntung, Anda bisa menemukan bole tertentu yang kalau disentuh akan membuat warna semua bola yang ada dalam ruangan berubah.

7. Crystal Universe

Selanjutnya ada juga Crystal Universe. Sesuai dengan namanya itu, di area ini ada ribuan lampu kristal yang akan menyala dengan mengagumkan. Pastinya, tempat ini sangat pas untuk dijadikan tempat selfie. Tetapi pastikan Anda mengikuti alurnya ya agar tidak tersesat akibat kilauan cahaya.

Fasilitas

Fasilitas Milenial Glow Garden

Karena merupakan bagian dari Jatim Park 3, tentu sudah tidak perlu diragukan lagi soal fasilitas di Milenial Glow Garden. Fasilitas di sana benar-benar lengkap yang mencakup area parkir yang luas, loker, nursery room dan vending machine. Selain itu, ada juga fasilitas lainnya yang terdiri atas:

  • Area istirahat
  • Toilet umum
  • Toilet untuk difabel
  • Foodcourt
  • Mushola
  • Pusat informasi

Bukan hanya itu, di tempat wisata ini juga ada playground atau area bermain anak-anak serta mini train. Ada juga monkey jump, happy bus, baby wheel, mini swinger dan masih banyak lagi. Benar-benar merupakan tempat wisata yang cocok untuk keluarga bukan?

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute Milenial Glow Garden

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Milenial Glow Garden ini merupakan wahana baru di Jatim Park 3. Lokasinya berada di Jl. Ir. Soekarno No. 144 Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur. Tidak benar-benar baru sebenarnya karena wahana ini sudah ada sejak akhir 2019 yang lalu.

Untuk menuju ke alamat tersebut pun tidak sulit. Sebab, lokasinya berada di tepi jalan raya utama persi yang menghubungkan Kota Malang dengan Kota Batu. Dengan lokasi yang mudah dijangkau seperti ini, Anda yang biasa mengandalkan transportasi umum pun bisa dengan mudah sampai di sana.

Kalau soal rute, ambil titik awal perjalanan dari alun-alun Kota Batu. Dari alun-alun ini bisa ambil jalan yang mengarah ke Jalan Sudiro. Setelah itu menuju ke Jalan Ahmad Yani, kemudian Jalan WR. Supratman. Dari sini masih lanjut lagi ke Jalan Diponegoro lalu ke Jalan Patimura.

Selanjutnya, Anda bisa menuju ke Jalan Ir. Soekarno dan tidak lama setelahnya Anda akan menemukan lokasi yang dimaksud. Ingat ya, destinasi wisata satu ini adanya di Jatim Park 3. Jadi begitu Anda melihat pintu gerbang Jatim Park 3, silahkan berhenti di sana.

Bagaimana? Menjadi lebih tertarik lagi untuk mendatangi Milenial Glow Garden? Kalau iya, hati-hati ya. Sebab di sini ada hantunya. Tetapi hantu yang dimaksud adalah hantu lucu seperti monster yang biasa ada di kartun anak-anak. Jadi, tetap aman untuk jantung loh.

Kunjungi juga:

Photo of author

Dwi Okta

Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia.

Tinggalkan komentar