LEDOK SAMBI: Aktivitas & Tiket Masuk 2022

Harga Tiket MasukGratis
Jam Buka09.00 - 17.00 WIB
Nomor HP-
LokasiJl. Kaliurang No.2, Area Sawah, Pakembinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jogja memang tak henti-hentinya menyajikan berbagai tempat wisata yang menarik perhatian. Salah satunya ada Ledok Sambi. Sedikit berbeda dengan kebanyakan tempat wisata yang dibangun secara khusus, wisata yang satu ini sebenarnya adalah sebuah desa yang ada di Sleman.

Wisata ini seolah ingin memperkenalkan kepada para pengunjung akan keasrian nuansa pedesaan yang dibarengi dengan beraneka ragam aktivitas liburan yang sangat menarik dan mengasyikkan. Tak heran tempat wisata yang satu ini bahkan kini sudah cukup populer di kalangan masyarakat dalam dan luar kota.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Ledok Sambi

Untuk harga tiket masuk ini tidak ada, alias gratis. Ledok Sambi memang tidak mengatur adanya tiket masuk untuk setiap pengunjung. Namun jika ada pengunjung yang memberikannya dengan sukarela, sangat dipersilahkan.

Adapun untuk berbagai wahana atau wisata yang disediakan di dalamnya ini sebagian besar memang berbayar. Berikut ini daftar tiket yang harus dibayar saat ingin mencoba wahananya:

KeteranganHarga
CampingRp35.000 up to Rp250.000 (bergantung waktu dan banyaknya SDM)
Outbound dengan jumlah anggota minimal 20 orangRp160.000
Wahana bajak sawahRp20.000
PaintballRp50.000 up to Rp80.000
Wahana terapi ikanRp5.000
Flying foxRp25.000
ArcheryRp10.000

Harga Menu Makanan

Harga Menu Makanan Ledok Sambi

Selain menyediakan tempat yang asri dan berbagai wahana menyenangkan, Ledok Sambi juga menyediakan tempat kuliner dengan berbagai menu makanan dan minuman yang khas. Untuk update harganya bisa dilihat tabel di bawah ini:

KeteranganHarga Menu
Kisaran harga makananRp6.000 up to Rp15.000
Kisaran harga minumanRp4.000 up to Rp19.000

Kisaran harga makanan dan minuman tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu. Namun untuk pasaran harga konsumsi di tempat wisata, harga tersebut sudah cukup terjangkau, sehingga Anda bisa lebih bersantai menikmati kuliner sambil menikmati keasrian desa dan wahana yang seru.

Jam Buka

Jam Buka Ledok Sambi

Ledok Sambi tidak punya perbedaan untuk jam buka hari biasa maupun hari libur atau weekend. Wisata ini buka setiap hari dimulai pukul 9 pagi hingga 5 sore. Namun jam buka ini bisa menjadi 24 jam bagi pengunjung yang ingin menginap atau bermalam di kawasan tempat wisata ini.

Aktivitas di Ledok Sambi

Aktivitas di Ledok Sambi

Meskipun latar tempat wisata ini adalah sebuah desa biasa, namun hingga kini sudah banyak sekali aktivitas seru yang bisa dimainkan di Ledok Sambi. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan selama di tempat ini antara lain:

1. Menikmati Keasrian Desa

Berada di tempat wisata ini memang akan menyajikan berbagai pemandangan asri yang sangat khas dengan pedesaan. Di pagi harinya, Anda bisa melihat hamparan sawah yang sudah mulai diterangi oleh cahaya mentari.

Angin sepoi-sepoi yang berhembus di persawahan akan menambah kesan menyenangkan selama melihat area persawahan. Sambil melihat area sawah, Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan Gunung Merapi yang seolah-olah sangat dekat.

Tak hanya itu, ada juga sungai mengalir yang dipenuhi dengan bebatuan, suara alirannya akan menambah keramaian saat berkunjung ke sana. Anda bahkan bisa turut bermain-main ke sungai bebatuan tersebut, asalkan tetap menjaga keamanan selama main di sungai tersebut.

2. Berkeliling Desa dan Belajar Arsitektur Sederhana

Desa Ledok ini masih dipenuhi dengan beraneka ragam bangunan klasik atau rumah tradisional. Anda bisa berkeliling desa sambil melihat keunikan bangunan tiap rumah tersebut. Dari sana pun Anda bisa sekaligus belajar tentang arsitek sederhana rumah tradisional.

3. Bermalam

Menikmati keindahan dan keunikan desa Ledok ini bisa dilakukan hingga 24 jam jika Anda memutuskan untuk bermalam. Tak perlu khawatir, kebutuhan bermalam di sini sudah tersedia untuk siapa saja yang ingin bermalam.

Ada tenda khusus untuk pengunjung yang memang ingin bermalam dengan nuansa camping. Anda hanya perlu membayar sewa tenda tersebut. Berbagai kegiatan outdoor juga disediakan untuk pengunjung yang memilih camping.

Selain itu ada juga wisma atau villa yang lebih bersifat privat. Sehingga Anda yang memang membutuhkan penginapan pribadi bisa menyewa wisma atau villa ini. Namun jika ingin merasakan suasana bermalam yang lebih dekat dengan penduduk setempat, Anda bisa memilih homestay.

4. Bermain Flying Fox

Salah satu permainan pemacu adrenalin yang bisa dicoba di desa ini adalah flying fox. Lintasan yang tersedia di sini adalah sekitar 280 meter.

5. Dayung Kayak

Seperti namanya, permainan ini dilakukan dengan mendayung di atas sungai mengalir. Bagi Anda yang hobi dengan tantangan perlombaan, Anda bisa mencoba wahana ini untuk adu kecepatan dalam mendayung di sungai.

6. Bermain Paintball

Ingin main perang-perangan? Jangan khawatir, di desa wisata ini sudah disediakan arena dan peralatan aman untuk main perang-perangan menggunakan senjata peluru tinta. Tentu saja permainan ini akan menambah keseruan selama di sini.

7. Menyusuri River Tubing

Jika ingin lebih santai, Anda bisa menyusuri sungai melalui river tubing, dengan perlengkapan helm, baju pelampung, hingga ban pelampung sebagai kendaraannya. Nikmati nuansa santai semi menantang dengan menyusuri sungai menggunakan ban pelampung ini secara individu.

8. Outbound

Kegiatan yang satu ini agaknya merupakan salah satu kegiatan yang sangat sayang dilewatkan selama ada di desa wisata ini. berbagai kebutuhan dan kawasan outbound pun telah disiapkan oleh penduduk setempat.

Dengan adanya kawasan khusus outbound ini, tempat desa wisata Ledok layak jadi opsi tempat untuk pelatihan kepemimpinan yang biasa diadakan oleh organisasi sekolah.

9. Berkegiatan Seni

Desa wisata ini ternyata juga masih sangat kental dengan berbagai kegiatan seninya. Ada berbagai sanggar seni yang dibuka di wisata ini. Anda bisa sekaligus belajar tentang seni di desa wisata ini. Mulai dari seni tari, kriya, musik, batik, lukis, anyam, dan masih banyak lagi.

10. Paket Wisata Edukasi Anak

Untuk aktivitas yang satu ini, sudah pasti akan berkaitan erat dengan kegiatan alam. Paket wisata ini khusus untuk anak-anak yang ingin belajar mengenal berbagai kegiatan alam di desa.

Mulai dari membajak sawah, menanam, menangkap ikan, budidaya jamur, hingga kegiatan beternak, semua akan diajarkan dengan paket edukasi ini.

Sejarah

Sejarah Ledok Sambi

Jika ditelisik dari sejarah singkatnya, wisata ini bermula dari sebuah desa biasa yang ada di Sleman. Terdapat penyedia jasa outbound yang ada di desa tersebut. Secara kebetulan penyedia jasa tersebut memilih sebuah warung makan kecil.

Kala itu kawasan outbound di desa ini sudah disediakan. Kemudian penyedia jasa outbound ini lantas memiliki ide baru untuk membuka warung makan berkonsep piknik. Dari sinilah muncul banyak sekali wahana dan kegiatan edukasi yang dipersembahkan untuk setiap pengunjung.

Fasilitas

Fasilitas Ledok Sambi

Beberapa fasilitas umum yang disediakan selama di desa wisata ini antara lain adalah:

  • Musholla untuk ibadah bagi yang muslim
  • Homestay dan tenda bagi pengunjung yang ingin bermalam
  • Area parkir luas
  • Toilet umum
  • Tempat bersantai
  • Wahana permainan

Lokasi dan Rute

Alamat lengkap desa wisata Ledok Sambi ini ada di Jalan Kaliurang, desa Sambi, kecamatan Pakembinangun, Sleman, Yogyakarta. Jika Anda berangkat dari pusat kota Yogyakarta, maka Anda harus menempuh perjalanan sekitar 19 kilometer untuk sampai di tempat wisata ini.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa lihat gambaran peta lokasi desa wisata Ledok ini:

Ledok sambi mungkin memang merupakan desa biasa yang punya berbagai wahana permainan dan pertunjukan wisata alam. Berlibur ke wisata ini bisa menjadi opsi terbaik untuk Anda yang sedang penat dan bosan dengan nuansa perkotaan.

Kunjungi juga:

Photo of author

Dwi Okta

Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia.

Tinggalkan komentar