KEBUN PAK BUDI: Aktivitas & Tiket Masuk 2022

Harga Tiket MasukRp35.000 - Rp50.000
Jam Buka09.00 - 17.00 WIB
Nomor Telepon(031) 5681010
LokasiSekar Mojo, Kec. Purwosari, Pasuruan, Jawa Timur

Tidak semua orang paham asal mula makanan yang ada di meja makan mereka. Hal inilah yang mendorong dibukanya wisata edukasi Kebun Pak Budi di daerah Pasuruan. meskipun terbilang baru, namun ribuan orang sudah datang mengunjungi tempat ini kala liburan tiba.

Dibangun di dataran setinggi 500 mdpl, suasana di taman ekowisata ini memang sungguh menyenangkan. Selain itu, Anda juga bisa belajar banyak hal yang bermanfaat. Tempat wisata ini sangat cocok untuk anak-anak agar mengenal alam dan sekitarnya.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Kebun Pak Budi

Sebagai tempat edutainment kekinian, tempat ini membanderol harga tiket yang tergolong terjangkau. Apalagi jika melihat fasilitasnya yang lengkap dan juga edukasi yang akan didapat, harga tiket tersebut serasa sepadan untuk dibeli.

Jenis TiketHarga Tiket
Hari biasa (Senin – Jumat)Rp35.000
Hari libur dan Akhir pekan (Sabtu – Minggu)Rp50.000

Di luar harga tiket tersebut, ada pula beberapa promo lain yang ditawarkan oleh pihak pengelola. Paket penginapan, tiket terusan untuk rombongan dan masih banyak lagi bisa Anda temukan di sini. Untuk mendapatkan penawaran ini, Anda dapat menghubungi pihak pengelola terlebih dahulu.

Jam Buka

Jam Buka Kebun Pak Budi

Dalam seminggu, wisata edukasi ini hanya libur selama satu hari, yaitu hari Selasa. Selebihnya, kebun ekowisata ini beroperasi dari pagi hingga sore.

HariJam Operasional
Setiap Hari (kecuali Selasa)09.00 – 17.00

Jam operasional tersebut adalah untuk wisata edukasi, restoran serta permainan seperti ATV, flying fox, panahan dan semacamnya. Sedangkan untuk layanan di cottage, biasanya lebih fleksibel.

Aktivitas di Kebun Pak Budi

Aktivitas di Kebun Pak Budi

Tempat ini memang dibangun untuk wisata sekaligus edukasi dalam satu paket. Jadi, di tempat ini Anda bisa mendapatkan pengetahuan dan hiburan sekaligus.

1. Bercocok Tanam

Kegiatan yang paling banyak disukai, terutama oleh anak-anak adalah saat mereka belajar menanam padi di sawah. Selain menyenangkan, kegiatan ini juga berguna untuk menambah pengetahuan tentang nasi yang selama ini mereka makan.

Peserta akan dikenalkan dengan sawah, padi, cara menanam padi yang benar, cara memanen padi dan lain sebagainya. Sawah yang disediakan memang tidak terlalu luas, sehingga peserta harus bergantian jika ingin merasakan sensasi menanam padi di sawah.

2. Menanam Hidroponik

Ketahanan pangan di era modern ini memang butuh inovasi mengingat lahan untuk bercocok tanam sudah mulai menipis. Untuk itulah hadir teknologi yang bernama hidroponik. Meskipun bukan barang baru, namun faktanya belum banyak yang memahami cara menanam dengan sistem hidroponik.

Di sesi ini, peserta akan diberikan pengetahuan tentang cara menanam dengan sistem hidroponik yang benar. Mulai dari cara pemilihan benih, pembibitan, penyemaian, persiapan lahan dan lain sebagainya.

3. Pembuatan Kopi Luwak

Kopi luwak merupakan kopi termahal yang merupakan asli dari Indonesia. Kopi ini sudah lama diburu, terutama oleh orang luar negeri karena rasanya yang khas dan otentik. Di Kebun Pak Budi, peserta akan diperlihatkan proses pembuatan kopi luwak.

Mereka juga akan diberi penjelasan tentang cara mengetahui biji kopi berdasarkan tingkatannya, cara mengolahnya hingga penyajiannya. pada beberapa sesi, peserta juga diperbolehkan untuk mencicipi sensasi minum kopi luwak yang legendaris.

4. Belajar Dunia Perikanan

Sesi edukasi lainnya yang juga tidak boleh luput diikuti adalah cara membesarkan ikan di kolam. Di sini peserta akan dikenalkan dengan beberapa jenis ikan serta cara merawat dan memanennya.  Ada beberapa kolam yang tersedia di tempat ini.

Ada kolam pemijahan, kolam pembenihan serta kolam pembesaran. Setiap peserta akan dikenalkan dengan proses di tiap kolam. Peserta diperbolehkan untuk memegang ikan, memberi makan dan kegiatan menyenangkan lainnya.

5. Belajar Dunia Peternakan

Kegiatan menyenangkan lainnya yang tidak boleh dilewatkan adalah tentang cara beternak. Ada dua peternakan yang ada di tempat ini yaitu peternakan ayam dan sapi. Dua jenis binatang ini dipilih karena merupakan binatang yang paling akrab di kehidupan anak-anak.

Sama seperti kegiatan edukasi lainnya, peserta akan diberitahu mengenai cara ayam menetas, pemberian makan ayam hingga memanen telur maupun daging ayam. Hal serupa juga berlaku di peternakan sapi.

6. Kegiatan Ekstrim

Ingin mengeksplorasi kebun dengan cara lain yang lebih menantang? Anda bisa mencoba untuk bermain ATV maupun flying fox. Dua kegiatan ini tentunya memiliki tingkat adrenalin yang berbeda. Jika Anda suka dengan kegiatan off road, maka Anda bisa menyewa ATV untuk berkeliling.

Biaya sewa ATV ini adalah seharga Rp80.000 baik untuk hari biasa maupun hari libur dan akhir pekan. Sedangkan untuk flying fox, Anda harus membayar sebesar Rp20.000 di hari biasa dan Rp40.000 untuk hari libur dan akhir pekan.

Butuh tantangan lainnya? Di sini juga terdapat fasilitas berkuda. Meskipun tidak bisa berkeliling jauh seperti menggunakan ATV, tapi sensasi berkuda juga tetap menyenangkan. Untuk menjajal kegiatan ini, Anda harus membayar sebesar Rp25.000 di hari biasa dan Rp35.000 di akhir pekan.

7. Glamping

Selain menyediakan cottage, area kebun ekowisata ini juga menyediakan area untuk berkemah dengan cara modern.  Istilah glamping memang populer belakangan ini, yaitu perpaduan antara glam dari kata glamour dan camping.

Jadi glamping adalah merasakan sensasi berkemah tapi tetap dengan merasakan fasilitas bak hotel bintang lima. Biaya sewa untuk kamar di tiap kavling glamping lebih terjangkau dibandingkan dengan cottage.

Dikarenakan tempat ini merupakan salah satu tujuan utama wisata Pasuruan, maka Anda harus melakukan reservasi terlebih dahulu jika ingin menginap di sini.

Pemilik Kebun Pak Budi

Pemilik Kebun Pak Budi

Sejak akhir tahun 2017, nama objek wisata yang satu ini mulai bergaung di seluruh negeri. Gabungan antara edukasi dan rekreasi yang ada di tempat ini merupakan ide dari seroang Budi Sugiharto yang tak lain adalah pemilik PT. Nirwana Asri yang mengelola tempat ini.

Nirwana Asri sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata dan merupakan bagian dari Suksesindo Group. Impian Budi Sugiharto adalah bisa memperkenalkan kembali kekayaan alam dan pelestariannya kepada generasi muda dan masyarakat luas.

Fasilitas

Fasilitas Kebun Pak Budi

Tempat ini bukan hanya menyajikan wisata edukasi saja tetapi juga dipadukan dengan berbagai macam fasilitas super lengkap. Pengalaman liburan Anda akan semakin menyenangkan dengan deretan fasilitas seperti di bawah ini:

  • Kafe
  • Cottage minimalis
  • Kolam renang
  • Rumah dunia
  • Flying fox
  • Taman kelinci
  • Burung dara pos
  • Rumah panggung
  • Minimarket
  • Kolam pancing
  • Area bermain anak
  • Ruang rapat
  • Mushola
  • Gazebo
  • Glamping
  • Amphitheatre
  • Klinik
  • Ruang menyusui
  • Area parkir
  • Wifi
  • Kamar mandi

Lokasi dan Rute

Tempat wisata yang berdiri di atas tanah seluas 1,8 hektar ini berada di Desa Sekarmojo, Pasuruan, Jawa Timur. Akses menuju tempat ini sangat mudah, terlebih karena pembangunannya berada tidak jauh dari pemukiman penduduk.

Jika Anda ingin berkunjung ke sana, Anda dapat mengikuti rute dari Google Maps berikut, atau Anda juga dapat meminta bantuan petunjuk dari warga sekitar.

Berwisata sekaligus menambah pengetahuan dengan cara yang mengasyikkan memang sangat cocok untuk mengisis liburan. Di Kebun Pak Budi, Anda dapat menikmati hari dengan cara yang menyenangkan tapi juga tetap bermanfaat.

Kunjungi juga:

Photo of author

Dwi Okta

Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia.

Tinggalkan komentar