Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Harga Tiket Masuk Jurang Tembelan

2 min read

Jurang Tembelan

Yogyakarta memang terkenal sekali akan wisata kuliner dan alamnya yang sangat memukau. Salah satunya adalah wisata alam Jurang Tembelan.

Area wisata Jurang Tembelan ini memberikan suguhan berupa pemandangan alam yang luas dan merilekskan pikiran.

Di Jurang Tembelan kalian juga dapat menikmati pemandangan berupa deretan Pegunungan Sewu lengkap dengan aliran Sungai Oyo yang terlihat sedang membelah daratan.

Sejarah

jurang tembelan kanigoro

Sesudah berhasil dalam mengembangkan beberapa objek wisata alam seperti Hutan Mangunan, Puncak Mangunan, Kebun Buah Mangunan, Puncak Becici, dan lainnya.

Kemudian pemerintah Bantul kembali memulai mengembangkan objek wisata dengan basis alam lainnya di area itu yakni Jurang Tembelan Kanigoro.

Sama halnya dengan objek wisata yang lain, objek wisata ini menyuguhkan pemandangan alam indah berupa perbukitan dan sungai.

Tentunya dengan nuansa khas pegunungan yang sejuk dan juga asri.

Area tempat wisata ini dapat dijadikan sebagai alternatif untuk kalian yang sedang berlibur di kota Jogja serta menginginkan objek wisata alam dengan sensasi yang berbeda.

Objek Wisata

1. Treck Downhill Wisata Desa Jurang Tembelan

jurang tembelan jogja

Selain menikmati pemandangannya, pada saat berkunjung ke wisata desa jurang tembelan kalian juga dapat menikmati treck downhill.

Maupun berjalan-jaan melewati tanjakan serta turunan yang ada pada sebuah perbukitan.

Tentunya objek wisata seperti ini sangat rekomended untuk kalian yang suka akan tantangan, sebab dapat memacu adrenalin kalian.

2. Sunset dan Sunrise di Wisata Desa Jurang Tembelan

jurang tembelan yogyakarta

Pada waktu musim kemarau tiba, kalian bisa menikmati keindahan sunrise danjuga sunset dari atas ketinggan bukit yang nampak sangat menakjubkan jika dibandingkan pada waktu musim yang lainnya.

Sebab pada musim kemarau, kalian akan disugihi dengan keindahan matahari terbit serta terbenam tanpa khawatir akan terhalang dengan awan.

Oleh karena itu, kalian dapat dengan bebas untuk berswafoto ria dengan keadaan cuaca yang mendukung.

3. Gardu pandang

Gardu pandang

Di area wisata telah tersedia dua gardu pandang yang dapat kalian gunakan untuk melihat pemandangan di sekitar bukit.

Gardu pandang ini merupakan salah satu fasilitas favorit untuk para pengunjung, sehingga untuk kalian yang hendak mengabadikan momen disana harus bergantian dan antri dengan pengunjung yang lain.

4. Mengabadikan Foto Landscape

foto landscap

Jika kalian berjung ke desa wisata Jurang Tembelan maka akan lebih mudah untuk mengabadikan momen dengan foto landscape.

Sebab tempat wisata satu ini adalah dataran tinggi yang di mana kalian nantinya akan disuguhi dengan pemandangan perbukitan serta sungai yang akan menjadi landscape tersebut.

Sehingga, kalian dapat membidik spot foto landscape dengan latar yang cukup bagus untuk diabadikan.

Dengan disuguhi wisata desa jurang tembelan pastinya akan membuat para pengunjungnya akan semakin tertarik untuk mengunjungi tempat wisata satu ini.

Fasilitas

  • Toliet
  • Warung makan dan minum
  • Cafetaria
  • Spot foto
  • Gardu pandang
  • Area parkir
  • Musholla
  • Gazebo
Baca juga: Lava Bantal

Lokasi

Jurang Tembelan berada di alamat: Mangunan, Dlingo, Bantul Regency, Special Region of Yogyakarta 55783.

Rute

Rute untuk sampai ke Jurang Tembelan ini sangat mudah diakses.

Apabila kalian dari arah pusat Kota Yogyakarta kemudian lanjutkan perjalanan menuju – Jalan Panguraka –  Jalan Brigjend Katamso – Jalan Kolonel Sugiyono – Jalan Sisingamangaraja – Jalan Imogiri Barat – Jalan Bakulan Imogiri – Jalan Makan Raja – Jalan Imogiri – Dlingo – kemudian kalian lurus terus hingga tiba di perempatan kebun buah Mangunan ke arah selatan terus mengikuti jalan yang ada sampai kalian tiba di lokasi wisata Jurang Tembelan.

Jarak lokasi wisata dari arah pusat Kota Yogyakarta lumayan jauh yakni sekitar 22 Kilometer serta akan memakan waktu tempuh normal dengan menggunakan kendaraan bermotor sekitar 49 menit perjalanan.

Jam Operasional

Jurang Tembelan buka setiap harinya (Senin – Minggu) selama 24 jam.

Harga Tiket Masuk

KeteranganHarga
HTM / orangGratis
Parkir motorRp3.000
Parkir mobilRp5.000
Parkir elfRp10.000
Parkir bisRp20.000

Tips Berkunjung

  • Pastikan jika kalian membawa kamera dan ponsel dalam kondisi batrai penuh. Karena banyak spot dan juga angle yang bagus untuk diabadikan.
  • Membawa powerbank agar kalian tidak khawatir batrai akan habis.
  • Memba juga uang dengan pecahan yang dapat kalian pakai untuk membayar selfie spot serta membayar parkir atau keperluan di warung yang ada disana.
  • Turut berpartisipasi dalam menjaga kebersihan lokasi wisata dengan cara menyimpan sampah apa pun kalian di dalam tas sebelum akhirnya nanti menemukan tempat sampah.
  • Datanglah dengan teman, kerabat, keluarga, atau pasangan sebab menikmati alam beramai-ramai akan semakin terasa lebih seru.
  • Jangan terlalu asyik dengan bermain gadget.
  • Memakai pakaian yang nyaman dan juga alas kaki yang kuat serta tidak licin.
  • Sebaiknya kalian jangan membawa anak balita atau yang masih terlalu kecil.
  • Pastikan kendaraan yang akan kalian bawa dalam kondisi bagus dan mendukung untuk perjalanan nantinya.
  • Datanglah pagi atau sore hari untuk dapat menikmati sunrise dan juga sunset disana.

Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *