Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Harga Tiket Museum Sonobudoyo

2 min read

Harga Tiket Museum Sonobudoyo

Untuk Anda yang sedang jalan-jalan ke Jogja pastikan jangan lupa untuk mampir ke Museum Sonobudoyo Yogyakarta ya. Museum ini merupakan museum yang di dalamnya terdapat banyak sejarah serta kebudayaan Jawa. Bahkan, museum ini juga sudah memiliki predikat sebagai salah satu museum terlengkap setelah Museum Nasional Republik Indonesia yang ada di Jakarta.

Museum ini juga merupakan bagian dari Museum kebudayaan Jawa yang ada di Surakarta yang lebih dikenal dengan Java Institut. Di museum ini terdapat 40 ribu koleksi yang terdiri dari berbagai sejarah. Hal inilah yang membuat para pengunjungnya bisa berwisata sekaligus mendapatkan ilmu baru. Apalagi dengan harga tiket Museum Sonobudoyo Yogyakarta yang murah membuat banyak wisatawan yang tak ragu untuk berkunjung.

Koleksi

Museum Sonobudoyo terdiri dari dua unit yang terpisah yakni unit pertama yang ada di dekat Alun-Alun Keraton Yogyakarta dan unit kedua berada di daerah Wijilan. Untuk unit pertama memiliki bentuk seperti bangunan rumah joglo dengan gaya Masjid Keraton Kasepuhan Cirebon.

Meskipun terdiri dari dua unit, namun untuk para pengunjung yang datang hanya membayar harga tiket Museum Sonobudoyo Yogyakarta satu kali saja. Adapun koleksi yang dimiliki oleh museum ini seperti yang ada di bawah ini.

1. Koleksi Alat Musik

harga tiket masuk museum sonobudoyo

Koleksi alat musik yang dimiliki oleh museum ini seperti adanya replika andong, wayang Rama, Sinta, dan juga Lesmana, Anoman hingga Rahwana.  Tidak hanya itu saja, Anda juga akan disuguhkan dengan koleksi purbakala seperti alat-alat yang digunakan oleh manusia purba.

Bukan hanya itu saja, ada juga topeng barong dari Bali, Yogyakarta dan juga Cirebon. Bahkan ada juga Topeng Emas Puspa Sarira yang dibuat dari emas.

2. Koleksi Keris

koleksi benda di museum sonobudoyo

Selain koleksi di atas, museum ini juga memiliki koleksi keris yang isinya kerisnya kebanyakan berasal dari luar Yogyakarta. Ada kurang lebih 1200 keris yang didatangkan dari seluruh nusantara.

3. Koleksi Batik

harga masuk museum sonobudoyo

Batik juga turut memenuhi koleksi yang ada di museum ini, bahkan koleksi ini juga lengkap dengan canting, kain dan kompor kecil yang biasa digunakan untuk membatik.

4. Koleksi Buku Kebudayaan

Museum ini juga dilengkapi dengan koleksi naskah dan buku-buku searah yang berhubungan dengan kebudayaan. Misalnya saja seperti babad tanah Jawa, babad Diponegoro dan masih banyak lainnya.

Jika anda dan keluarga ingin menikmati wahana air di jogja maka anda bisa mengunjungi Jogja Bay Waterpark.

Fasilitas

Untuk soal fasilitas, tentunya museum ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang oke. Dimulai dari mushola, tempat parkir hingga toilet semuanya ada. So, Anda tidak perlu khawatir saat berkunjung ke museum ini. Beberapa fasilitas yang bisa Anda nikmati seperti di bawah ini.

  1. Ruang Pendopo
  2. Ruang Pengenalan
  3. Ruang Prasejarah
  4. Ruang Batik
  5. Ruang Emas dan masih banyak lainnya.

Lokasi

Untuk Anda yang ingin berkunjung ke museum dan bingung harus menaiki apa, tenang saja, sebab rute dan transportasi yang digunakan cukup mudah. Jika Anda datang dari Stasiun Tugu, maka Anda hanya perlu berjalan ke halte Trans Jogja di dekat Malioboro kemudian naik Trans Jogja 2A dan turun di halte Vredeburg. Dari sini Anda hanya perlu jalan kaki.

Dengan harga tiket Museum Sonobudoyo Yogyakarta yang murah, sehingga membuat siapa saja tidak akan merasa khawatir dengan biaya yang harus dikeluarkan. Untuk Anda yang ingin berkunjung, ada baiknya perhatikan jam buka museum ini sebab di hari senin museum tidak beroperasi.

Museum ini dibuka setiap Hari Selasa hingga Minggu dimana dibuka ada pukul 08:00 hingga 15.30. Namun untuk Hari Jumat museum ditutup lebih awal yakni pada pukul 14:00 WIB.

Tips Liburan

Bagi Anda yang sudah bersiap untuk berlibur, ada beberapa tips yang harus Anda ikuti agar wisata Anda di museum lebih lancar. Beberapa tips tersebut seperti tidak boleh membawa senjata tajam, makanan ataupun minuman ke dalam museum.

Hal ini tentu penting untuk Anda perhatikan, mengingat museum bukan hanya tempat umum biasa, namun juga menjadi tempat yang penuh dengan sejarah sehingga perlu Anda hargai dengan tidak membawa benda-benda yang beresiko merusaknya.

Harga Tiket Museum Sonobudoyo Yogyakarta

TiketHarga
DewasaRp3000
Anak-anakRp2500

Promo Tiket

Promo Tiket
Triwulan weekday10 tiket
Triwulan Allday10 tiket

So, nikmati wisata edukasi dengan harga tiket Museum Sonobudoyo Yogyakarta dan dapatkan banyak ilmu di sana.

Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *