CURUG PUTRI KENCANA: Daya Tarik & Tiket Masuk 2022

Share
Comment 0 reply
CURUG PUTRI KENCANA: Daya Tarik & Tiket Masuk 2022
Loading...
Harga Tiket MasukRp25.000
Jam Buka08.00 - 17.00 WIB
Nomor HP-
LokasiKarang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Keindahan air terjun memang dapat mempesona siapa saja. Di Jawa Barat, tepatnya di daerah Karang Tengah, terdapat sebuah air terjun yang cukup ternama yaitu Curug Putri Kencana. Dalam bahasa bumi Parahyangan, curug berarti air terjun.

Tempat ini menawarkan keindahan alam yang masih asri beserta dengan aktivitas outbound yang menguji nyali. Selama musim liburan, tempat ini tidak pernah sepi. Bahkan di hari biasa, ada saja pengunjung yang datang untuk menikmati suasana di sini.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Curug Putri Kencana

Berada di Kawasan Wisata Gunung Pancar, Air Terjun Putri Kencana tidak berdiri sendiri. Sebelum sampai ke air terjun ini, Anda akan melewati beberapa curug dan juga leuwi yang tak kalah indahnya. Semua obyek wisata tersebut bisa dikunjungi dengan sekali membeli tiket di loket utama.

Jenis TiketHarga TiketKeterangan
Senin – Minggu (termasuk saat tanggal merah)Rp25.000Semua kelompok usia dikenakan harga sama, kecuali anak usia di bawah 5 tahun

Biaya tersebut belum termasuk biaya parkir dan juga sewa alat ketika mau melakukan beberapa aktivitas ekstrim. Untuk biaya parkir, umumnya adalah Rp10.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp15.000 untuk kendaraan roda empat.

Tapi terkadang ada parkir liar yang menetapkan tarif di atas tarif tersebut. Hal ini umumnya terjadi ketika lonjakan pengunjung, misalnya di hari libur. Pada saat tersebut, tempat parkir resmi biasanya penuh dan muncul banyak tempat parkir dadakan.

Sedangkan untuk biaya sewa alat, misalnya pelampung atau peralatan keselamatan untuk body rafting, tergantung dari lama sewa dan jenis alat yang digunakan. Anda dapat menghubungi pihak pengelola untuk tarif tersebut.

Selain tiket personal seperti yang tertera di atas, ada juga tiket rombongan dan adventure yang bisa dikustomisasi. Paket terusan seperti ini tentunya lebih mahal, tapi bisa digunakan untuk banyak orang.

Jam Buka

Jam Buka Curug Putri Kencana

Sama seperti kebanyakan curug pada umumnya, air terjun di Kawasan Bogor ini juga buka dari pagi hingga sore hari. Jam operasional juga sama antara hari biasa dan hari libur.

HariJam Operasional
Setiap hari (Senin – Minggu)08.00 – 17.00

Keindahan alam tempat ini sering membuat pengunjung enggan untuk beranjak, namun memang tidak diperbolehkan untuk berada di sekitar air terjun setelah pukul 5 sore. Hal ini dikarenakan minimnya pencahayaan di tempat ini, sehingga bisa mengganggu pandangan saat malam tiba.

Terlebih lagi, kawasan ini dipenuhi bebatuan yang licin dan beberapa bagian jalan cukup terjal. Tentunya berjalan di dalam gelap pada kondisi seperti ini bisa membahayakan keselamatan. Jika masih ingin menikmati keindahan air terjun, Anda dapat berkemah atau menginap di penginapan.

Daya Tarik Curug Putri Kencana

Daya Tarik Curug Putri Kencana

Bukan hanya pemandangan alam saat sampai di air terjun saja yang mampu mempesona siapapun yang datang, pemandangan sepanjang perjalanan pun juga sangat indah. Suara binatang liar, udara segar, serta air jernih menjadi daya tarik selanjutnya.

Fasilitas di kawasan air terjun ini juga terbilang lengkap.Hanya saja karena medannya yang penuh bebatuan dan jalanan naik turun, fasilitas ini terasa cukup jauh dari lokasi air terjun. Selain bermain di Air Terjun Putri Kencana, Anda juga bisa mampir ke obyek wisata lain yang berdekatan.

Aktivitas di Curug Putri Kencana

Aktivitas di Curug Putri Kencana

Advertisement

Sebagai tempat wisata tujuan utama pengunjung, pihak pengelola Air Terjun Putri Kencana memberikan banyak pilihan kegiatan yang bisa dipilih sesuai selera.

1. Kemah

Ingin bermalam di tempat ini namun bosan dengan penginapan? Anda dapat memilih untuk berkemah di camping ground yang sudah disediakan. Namun, untuk kegiatan ini, Anda dikenakan biaya sebesar Rp 25.000.

Biaya ini sudah termasuk penggunaan fasilitas dan juga listrik. Untuk tenda, bisa Anda bawa sendiri atau sewa dari pihak pengelola. Jika Anda ingin menyewa, konfirmasi jauh hari untuk menanggulangi tidak kebagian tenda dan kavling.

2. Cliff Jumping

Aktivitas Curug Putri Kencana yang paling banyak ditunggu adalah cliff jumping. Salah satu yang membuat kegiatan ini terkenal adalah banyaknya pembawa acara petualangan yang melakukan aksi serupa saat ada di air terjun.

Selain harus berani dan memiliki stamina kuat, mereka yang mau melakukan cliff jumping atau melompat dari tebing harus bisa berenang. Pasalnya, sesaat setelah menjatuhkan diri dari tebing, mereka akan jatuh ke kolam berisi air yang dalam.

3. Body Rafting

Selain berenang, ada cara menyenangkan lain yang bisa dilakukan untuk menjelajahi air terjun, salah satunya adalah dengan body rafting. Setelah mengenakan jaket dan penutup kepala keselamatan, Anda akan dibimbing untuk masuk ke air menggunakan pelampung.

Nantinya arus yang akan membawa pelampung Anda menyusuri perairan di sekitar air terjun. Aktivitas ini bisa dilakukan jika kondisi air sedang tinggi. Anda akan diberangkatkan bersama kelompok dan juga seorang pemandu.

Sejarah

Sejarah Curug Putri Kencana

Banyak orang percaya bahwa dulunya tempat ini bukanlah tempat wisata, melainkan tempat semedi Raja Surya Kencana. Itulah sebabnya tempat ini dinamakan Putri Kencana. Namun hal ini belum bisa dibuktikan kebenarannya.

Sejak dikelola oleh dinas pariwisata dan masyarakat setempat, obyek wisata curug di Bogor ini mampu mendatangkan ratusan hingga ribuan pengunjung tiap bulannya. Hal ini tentu meningkatkan pendapatan daerah dan masyarakat.

Misteri dan Mitos

Misteri dan Mitos Curug Putri Kencana

Selain dipercaya sebagai petilasan raja, tempat ini juga dipercaya memiliki penunggu. Ada penduduk yang bersaksi bahwa pernah memergoki seorang wanita berbaju kerajaan. Terkadang, pada malam Jumat juga kerap terdengar suara tangisan.

Namun sebagian lain mengatakan bahwa sering terlihat penampakan noni belanda di tempat ini. Belum bisa dikonfirmasi apakah kedua sosok ini saling berhubungan atau tidak.

Fasilitas

Fasilitas Curug Putri Kencana

Sebagai kawasan terpadu, fasilitas yang disediakan pihak pengelola cukup lengkap, seperti:

  • Kamar mandi
  • Tempat makan dan penginapan
  • Area kemah
  • Mushola
  • Area parkir

Lokasi dan Rute

Air Terjun Putri Kencana merupakan air terjun yang berada tidak jauh dari tempat wisata lainnya. Sebagai kawasan wisata terpadu tentunya tidak sulit untuk bisa mencapai tempat ini. Anda bisa mengambil jalan dari arah Jakarta maupun dari Bojong Gede.

Jika mengambil arah dari Jakarta, maka Anda bisa mengambil lajur Tol Jagorawi menuju Bogor. Ambil arah keluar di Tol Sentul City menuju Jungle Land, yaitu dengan mengambil belokan ke arah kiri. Dari sana, Anda dapat mengikuti penunjuk jalan.

Lain lagi jika Anda berangkat dari Bojong Gede. Ambil arah menuju Cibinong City Mall. Jika sudah sampai di perempatan, belok kanan. Dari sini, perjalanan bisa cukup panjang namun medannya halus. Ikuti saja papan penunjuk jalan untuk bisa sampai ke Air Terjun Putri Kencana.

Jika Anda terbiasa dengan meminta petunjuk Google Maps, Anda bisa mengikuti peta berikut:

Di balik mitos dan cerita mistis yang ada di Curug Putri Kencana, pemandangan alam yang indah memang menjadi daya tarik utama. Jika sudah cukup bermain di curug ini, Anda dapat mengunjungi curug dan leuwi lainnya yang saling berdekatan.

Kunjungi juga:

X CLOSE
Advertisements
ADVERTISEMENT
X CLOSE
Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.