Curug Cigamea Bogor: Aktivitas & Harga Tiket Masuk 2022

Harga TiketRp10.000
Jam Buka07.00 - 17.00 WIB
No Telepon-
AlamatJl. Curug Cigamea, Gn. Picung, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16810

Curug Cigamea merupakan destinasi wisata favorit para pengunjung yang ada di kawasan wisata gunung salak endah atau di kawasan Gunung Halimun Salak.

Harga tiket Curug Cigamea juga standart dengan harga tiket curug – curug yang lain. Curug Cigamea berada di kota Bogor yang merupakan kota tujuan wisata bagi warga Jabodetabek atau pun warga luar Jabodetabek.

Apalagi bagi kalian yang suka dengan tantangan pasti akan lebih menyukai tempat wisata ini. Karena perjalanan menuju lokasi Curug Cigamea memiliki rute yang cukup menantang.

Pasti mereka akan mendapatkan kepuasan tersendiri jika sudah dapat melewati trek yang ada. Namun kalian harus ekstra waspada karene memang ada beberapa trek yang sangatlah sulit.

Cigamea dalam bahasa Indonesia mempunyai arti bergemuruh. Ketika anda hendak menuju ke lokasi Curug Cigamea anda sudah akan mendengar suara gemuruh air walaupun lokasi tersebut masih cukup jauh. Suara gemuruh inilah yang menjadi daya tarik dari wisata Curug Cigamea ini.

Sebelum sampai ke lokasi wisata Curug Cigamea anda akan melewati terlebih dahulu wisata lain yang letaknya masih satu kawasan yaitu Curug Luhur, Curug Nangka, Curug Ngumpet, Kawah Ratu, dan yang lainnya.

Karena memang lokasi tersebut berada di kawasan gunung salak endah Bogor dan berdekatan.

Dahulu curug ini dijadikan sebagai tempat pesugihan untuk mendapatkan kekayaan, kenaikan jabatan, kesaktian, ataupun yang lainnnya.

Adapun mitos yang beredar yaitu setiap tahunnya curug ini meminta tumbal nyawa manusia. Dan mitos ini di percayai oleh masyarakat sekitar dan memang betul adanya.

Konon juga di curug ini tinggal seekor monyet putih yang berukuran seperti manusia. Tapi sampai saat ini belum ada yang melihat keberadaan monyet tersebut.

Wahana

1. Trekking

penginapan di curug cigamea

Anda akan benar – benar merasakan trekking yang sebelumnya belum pernah anda rasakan. Rute trekking disini sangaltah menantang siapa saja yang melewatinya. Anda dapat bertemu dengan hamparan pohon pinus yang sangat luas.

Di sini anda dapat menggambil gambar dan mengabadikan moment dengan latar belakang pohon pinus yang sekarang sedang sangat hits. Hasil jepretannya pun akan sangat memukau, keren, dan pastinya cocok untuk mengisi feed instagrammu.

Pohon – pohon pinus di sini berjajaar dengan sangat rapi, indah, menyegarkan ketika di pandang serta dirasakan. Cukup hemat berwisata di sini karena kita dapat melewati hamparan pohon pinus tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Baca: Curug Leuwi Hejo

2. Air Terjun

curug cigamea 2019

Terdapat dua air terjun di Curug Cigamea. Air terjun yang pertama terletak di atas dan yang kedua terletak sedikit di bawah dari air terjun yang pertama.

Letak air terjun yang pertama tepatnya di tebing yang cukup curam sehingga anda harus mendaki ketika ingin mencapainya. Akan tetapi di sinilah spot terbaik untuk mengambil gambar dan mengabadikannya.

Sedangakan letak air terjun yang kedua cukup landai sehingga menjadi tempat yang nyaman untuk pengunjung bermain air seperti berenang, berendam, atau pun kegiatan lainnya. Jarak kedua air terjun tersebut cukup jauh yaitu kurang lebih sekitar 20 sampai 30 m.

Kunjungi juga Curug Luhur yang masih satu kawasan dengan Curug Cigamea.

3. Monyet

Karena di sini ada habitat untuk monyet tinggal maka monyetnya pun ada di sini. Namun anda tidak boleh mengganggu monyet – monyet tersebut karena bisa bahaya. Dan anda juga harus hati – hati dengan barang bawaan anda karena bisa jadi diambil oleh para monyet.

Baca: Curug Cilember

Fasilitas

  • Penginapan / Hotel / Homestay
  • Pedagang Souvenir
  • Tempat Istirahat (Gazebo)
  • Tempat Ibadah
  • Toilet Umum
  • Kamar Mandi
  • Warung Makan

Lokasi

Curug Cigamea berada di kawasan Gunung Halimun Salah atau kawasan wisata gunung salak endah. Tepatnya di Jl. Curug Cigamea, Gn. Sari, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat 16810, Indonesia.

Cukup mudah untuk dapat mengakses lokasi ini. Dari pusat kota anda hanya akan menempuh jarah 38 km dengan waktu tempuh kurang lebih sekitar 1 jam 30 menit.

Jam Operasional

Curug Cigamea di buka pada pukul 07.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB setiap hari Senin s/d Minggu.

Baca: Curug Cipamingkis

Harga Tiket Masuk Curug Cigamea Bogor

Harga Tiket Masuk Curug Cigamea
TiketKategoriHarga
Tiket MasukRp10.000
Biaya ParkirSepeda MotorRp3.000
MobilRp5.000

Tips Wisata

  1. Berhati – hatilah saat berada di lokasi wisata.
  2. Siapkan stamina extra dan patikan tubuh dalam keadaan fit.
  3. Selalu menjaga barang bawaan anda.

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai Curug Cigamea Bogor ini. Semoga bermanfaat. Terima kasih 🙂

Photo of author

Dwi Okta

Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia.

Tinggalkan komentar